Tips membuat surat pernyataan tujuan tes masuk S2

Surat Pernyataan Tujuan

Tips membuat surat pernyataan tujuan tes masuk S2

Salah satu syarat untuk mendaftar pasca-sarjana adalah membuat surat pernyataan tujuan. Biasanya jika mendaftar di kampus dalam negeri, akan menggunakan bahasa Indonesia dalam penulisannya. Namun karena saya mendaftar program magister di SBM-ITB dengan pengantar bahasa di kelasnya menggunakan Bahasa Inggris, jadi saya memutuskan untuk menggunakan Bahasa Inggris.

Awalnya saya bingung bagaimana cara membuat surat pernyataan tujuan (statement of purpose) ini. Setelah saya mencari beberapa sumber yang menjelaskan tata cara penulisannya, akhirnya saya mempunyai gambaran yang intinya adalah “make and write your purpose clear“. Intinya kita harus menulis poin-poin yang penting saja dengan kerangka yang jelas agar tujuan kita tersampaikan.

Kerangka Penulisan Surat Pernyataan Tujuan

Sebelumnya, perhatikan intruksi yang diberikan oleh setiap panitia penerimaan dari pihak kampus yang dituju. Jika tidak ada intruksi yang jelas cari referensi mengenai penulisan surat pernyataan tujuan dengan latarbelakang yang sama, misal untuk S2 bisnis maka cari referensi untuk S2 bisnis. Saya sendiri dulu mencari beberapa referensi penulisan, diantaranya adalah artikel berikut, “How to Write an MBA Statement of Purpose.”. Saya menulis Statement of Purpose dengan kerangka sebagai berikut :

  • Paragraf 1, Introduction about the topic of your major. Dalam paragraf pertama saya menjelaskan pandangan saya mengenai bisnis dan saya korelasikan dengan latar belakang pendidikan S1 saya dan prestasi atau pencapaian selama S1 secara singkat dan jelas.
  • Paragraf 2, Explain your experience clearly but bold. Selanjutnya saya menjelaskan pengalaman saya selama bekerja, bisa juga pengalaman lain selain pekerjaan. Jelaskan dengan singkat tapi mempunyai value yang kuat sehingga menunjukan karakter kita.
  • Paragraf 3 dan 4, Tell your story behind your motivation. Saya menceritakan pengalaman saya mengenai bisnis. Jatuh bangun dan kegagalan yang memotivasi kita untuk mengambil S2 yang berkaitan.
  • Paragraf 5, Write your vision and your next step planning. Ceritakan apa ide atau rencana ke depan sehingga kamu bisa menggambarkan motivasi kamu ke depan dengan kuat dan yakin. Tunjukan nilai kamu disini.
  • Paragraf 6, Your motivation meet university offering. Terakhir, jelaskan bahwa latarbelakang yang kamu menghasilkan kebutuhan untuk mencapai tujuan. Kaitkan hal tersebut dengan apa yang ditawarkan oleh universitas. Jelaskan apa yang ditawarkan oleh universitas membantu kita mencapai tujuan yang kita tetapkan.

Tips penulisan

  • Tetapkan kerangka apa saja yang akan disampaikan.
  • Perhatikan intruksi atau syarat yang diberikan oleh panitia seleksi masuk. Pengunaan bahasa, cara penulisan dan syarat jumlah halaman.
  • Ikuti template yang sudah diberikan.
  • Gunakan Bahasa yang sesuai dengan pengajaran di kelas. Walaupu tidak ada ketentuan dalam seleksi SBM-ITB ini, saya tetap menggunakan Bahasa Inggris.
  • Jika bingung harus tulis tangan atau diketik, pertimbangkan kemudahan pembaca jika membaca surat pernyataan tujuan yang kita buat. Saya coba menulis dengan tangan tapi hasilnya tidak rapi jadi saya putuskan untuk mengetiknya dan ternyata lebih mudah dibaca.
  • Tulislah apa yang ingin disampaikan terlebih dahulu dalam Bahasa Indonesia. Bisa juga langsung menulis poin-poin yang ingin disampaikan terlebih dahulu sampai paragraf terakhir. Kemudian evaluasi kembali dan coret yang tidak perlu.
  • Jika tidak mempunyai ide atau gambaran, cari lah referensi contoh penulisan. Tulislah apapun yang ingin disampaikan, baca lagi, evaluasi, baca lagi sampai benar-benar jelas dan singkat.
  • Gunakan bantuan aplikasi yang bisa membantu mengkoreksi cara penulisan kita, terutama dalam Bahasa Inggris. Saya menggunakan grammarly.com yang bisa diintegrasikan dengan komputer kalian.
  • Pilihlah pilihan kata-kata yang lebih ringkas dalam Bahasa Inggris.
  • Gunakan kata yang formal.
  • Tanyakan kepada panitia seleksi jika ada hal yang tidak jelas, jangan malu untuk bertanya.

Baca juga : SBM ITB Jakarta-Tes Administrasi

Check Make Better !

Evaluasi Statement of Purpose yang sudah ditulis sebelum benar-benar di upload. Kalau perlu minta bantuan orang lain untuk membacanya dan tanyakan apakah mengerti apa yang kita ingin sampaikan dalam surat tersebut. Untuk yang mendaftar di SBM-MBA ITB, penulisan surat ini perlu dipahami dengan baik karena akan membantu kita saat tes wawancara (diskusi / presentasi). Penyampaian secara lisan dalam Bahasa Inggris akan lebih mudah jika kita mengetahui apa yang telah kita tulis.

Jika butuh inspirasi untuk penulisan surat pernyataan tujuan, saya lampirkan surat pernyataan tujuan yang saya buat untuk tes masuk MBA SBM-ITB Jakarta, boleh klik di sini.

Semoga bermanfaat !

Share this article so we can help others !

Please follow and like us:
error
Coffee addict, Thinker, try to be human Reach me at contact.me@saraswatisepti.com or saraswatisepti@gmail.com Lets share our stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Translate ยป