Belanja sayur online saat Corona

Belanja sayur online saat corona

Belanja sayur online saat Corona

Belanja sayur melalui aplikasi online saat pandemic Corona sangat membantu para Ibu rumah tangga seperti saya. Kita hanya perlu mengisntal aplikasi , menentukan lokasi belanja dan belnaja barang yang kita inginkan langsung dari handphone.Nah berikut review mengenai aplikasi yang pernah saya gunakan untuk berbelanja sayur ataupun kebutuhan rumah tangga lainnya.

1. Tukang Sayur .co aplikasi belanja online di pasar tradisional

Belanja sayur online saat corona

Awalnya saya tidak tahu ada aplikasi tukangsayur.co ini, tapi karena aplikasi ylain yang sudah cukup terkenal itu slot pengirimannya penuh akhirnya saya cari alternatif lain dan menemukan aplikasi ini. Saya cari review di internet dan akun instagram resminya, kebanyakan sih review yang agak kurang memuaskan. Saya pikir mungkin memang lagi pandemic Corona jadi pelayanannya kurang tanggap.

Beberapa review dari pengguna aplikasi ini adalah mengenai respon layanan pelanggan yang kurang serta pengiriman barang yang tidak ada kejelasan. Saya pun coba mengirim message melalui instagram mengenai tata cara pembayaran, namun tidak ada respon. Akhirnya saya komen di salah satu postingan terbarunya dan ada pelanggan lain yang bantu menjawab. Sebenarnya saya menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan sayur dan bahan makanan lain untuk orangtua di Bandung (red: lokasi saya di Tangsel). Berikut review mengenai aplikasi ini :

Cara Pemesanan di aplikasi tukangsayur.co

Aplikasi tukangsayur.co ini fokus pada belanja online sayur dan keperluan bahan pokok di pasar tradisional. Aplikasi ini merupakan mediator antara pembeli dengan kurir yang akan berbelanja pesanan kita di pasar tradisional. Setelah instal aplikasi ini, pelanggan akan mengisi data pribadi seperti alamat pengiriman dan penagihan. Kemudian pelanggan akan diarahkan pada menu pembelanjaan dengan lokasi pasar terdekat. Pelanggan bisa langsung pilih barang apa saja yang akan dipesan seperti sayur, daging dan bahan pokok lainnya.

Ada beberapa barang yang memiliki batas maksimal pembelanjaan. Setelah selesai, pelanggan akan memilih jam waktu pengantaran dan metode pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran di aplikasi ini seperti cash on delivery dan transfer after receive atau transfer ke rekening kurir setelah barang sampai (Pembayaran langsung kepada kurir yang membelanjakan pesanan). Oh ya batas maksimal pembelanjaan adalah Rp 250.000 dengan ongkos kirim saya waktu itu Rp 10.000. Saya melakukan 2 order sekaligus sehingga membayar ongkos kirim Rp 20.000.

Kelebihan aplikasi tukangsayur.co

  • Slot pengiriman relatif masih mudah didapat saat Pandemic Corona.
  • Membantu perekonomian pedagang di pasar tradisional

Kekurangan aplikasi tukangsayur.co

  • Aplikasi belum terlalu baik untuk soal customer experience (kemudahan penggunaan aplikasi)
  • Metode pembayaran belum memiliki banyak pilihan (mungkin bisa ditambahkan pembayaran kartu debit/kredit otomatis.
  • Chat kurir masih manual (menggunakan whatsapp) yang kadang tidak responsive.
  • Layanan pelanggan yang kurang, harus menghubungi lewat instagram agar lebih cepat direspon.
  • Harga barang tidak jauh berbeda dengan belanja di supermarket (kebersihan dan kesegaran produk tentunya masih dibawah supermarket)

Setelah saya melihat beberapa akun instagram tukangsayur.co di setiap daerah responnya baik. Ini tentunya memberikan dampak positif bagi perekonomian pasar tradisional dan juga kurir yang membelanjakan pesanan pelanggan. Untuk aplikasi sendiri mungkin lebih baik terintegrasi secara terpusat atau pihak tukangsayur.co sendiri yang mengelola hubungan pelanggan dan kurir melalui chat di aplikasi. Serta metode pembayaran yang lebih praktis dalam aplikasi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tukangsayur.co bisa klik di sini.

2. Happy Fresh, aplikasi belanja kebutuhan bahan pokok yang sudah terintegrasi

Belanja sayur online saat corona

Saya menggunakan aplikasi ini karena memang akan mengirim bahan makanan ke orangtua. Saya sendiri lebih suka berbelanja langsung dibanding menggunakan aplikasi karena ada kepuasan tersendiri hehe. Nah happy fresh ini aplikasi belanja sayur online yang sudah dikenal banyak orang dan cukup lama berdiri. Konsepnya sama seperti aplikasi lain namun dengan pilihan tempat perbelanjaan yang cukup bervariatif tergantung lokasi pemesanan. Happy Fresh berfokus pada layanan belanja online di supermarket besar seperti Superindo, Giant, Hypermart, Kemchick, Tiptop, Lottemart dsb.

Ongkos kirimnya cukup mahal, saya membayar Rp 35.000 saat melakukan pemesanan tapi ya sebanding dengan pelayanan. Waktu awal-awal pandemic Corona memasuki daerah Bandung, slot pengiriman pada aplikasi ini selalu penuh bahkan untuk beberapa hari ke depan. Akhirnya saya menggunakan aplikasi lain. Namun tanggal 25 April 2020 kemarin saya coba lagi eh dapat slot pengiriman untuk tanggal 27 April 2020. Berikut review untuk aplikasi Happy Fresh :

Kelebihan Aplikasi Happy Fresh

  • Aplikasi yang terintegrasi, layanan chat dengan kurir langsung di aplikasi.
  • Pilihan supermarket yang cukup bervariatif
  • Metode pembayaran yang lengkap plus promo diskon
  • Update diskon barang yang terintegrasi di setiap supermarket walaupun berbeda lokasi.
  • Kurir yang responsive dan ramah, mudah diajak komunikasi.
  • Kesegaran dan kualitas produk yang terjaga

Kekurangan aplikasi Happy Fresh

  • Slot pengiriman yang selalu penuh (karena faktor pandemic Corona jadi banyak orderan yang masuk)
  • Layanan customer service yang tidak ada di aplikasi, harus melalui media lain jika ingin menghubungi tidak ada live chat.

Overall review aplikasi Happy Fresh sangat memuaskan menurut saya. Saya juga sangat appreciate dengan pihak Happy Fresh yang membuka lowongan pekerjaan temporary untuk kurir belanja di saat pandemic ini. Selain bisa memenuhi orderan pelanggan yang tinggi, hal ini membantu pihak yang kehilangan pekerjaan saat pandemic untuk bisa mendapatkan nafkah kembali walaupun secara temporary. Untuk mengetahui lebih lanjut aplikasi Happy Fresh bisa klik di sini.

KLIK LINK https://app.happyfresh.com/ref/septi388 UNTUK DAPATKAN DISKON RP 50.000 DI APLIKASI HAPPY FRESH

Tambahan : Sayurbox aplikasi sayur online langsung dari petani

Belanja sayur online saat corona

Sebenarnya saya belum menggunakan aplikasi ini saat pandemic Corona. Namun karena saya pernah beberapa kali menggunakan aplikasi ini jauh sebelum pandemic terjadi, saya akan memberikan sedikit review.

Kelebihan aplikasi Sayurbox

  • Product yang segar dan ada beberapa pilihan product organic
  • Membantu perekonomian petani
  • Selalu diberikan bonus product saat pembelian
  • Metode Pembayaran yang cukup mudah
  • free biaya ongkos kirim jika pembelian lebih dari Rp 100.000
  • Packaging yang rapi
  • Bisa chat langsung di aplikasi untuk layanan customer

Kekurangan aplikasi sayurbox

  • Harga yang relatif mahal
  • Pilihan produk yang kurang bervariatif karena menunggu musim panen yang berbeda-beda

Aplikasi sayurbox berfokus pada petani sayur ataupun pembelian bahan pokok langsung dari supplier. Hal ini baik karena memutus rantai pasokan yang panjang dan sehingga petani bisa mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi karena dijual langsung ke konsumen. Namun aplikasi ini belum tersedia di beberapa daerah , sejauh ini hanya wilayah Jabodetabek. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sayurbox bisa klik di sini.

JANGAN LUPA GUNAKAN KODE REFERAL SAAT BELANJA DI SAYURBOX UNTUK DAPAT VOUCHER RP 30.000. MASUKAN KODE : SJZLMUD0M

Nah sekian review mengenai aplikasi belanja sayur dan kebutuhan pokok yang bisa membantu kita saat pandemic Corona ini. Selain itu aplikasi-aplikasi ini bisa membantu kita untuk tetap berbagi terhadap keluarga yang berbeda kota. Hal ini sangat membantu terutama bagi saya yang tidak bisa mengunjungi keluarga di Bandung karena Pandemic ini. Sebenarnya saya lebih suka belanja langsung karena ada kepuasan tersendiri. Tempat favorit saya tentunya pasar tradisional yang bersih karena saya suka membawa anak saya untuk berbelanja. Untuk supermarket saya sangat menyukai Superindo karena produk yang segar dan lengkap, harga yang sesuai dengan kualitas.

Semoga Pandemic ini cepat berakhir, dan kita selalu diberi perlindungan dan kesehatan. Stay strong and positive, semua akan bisa kita lalui, insya allah. Jangan lupa share ya postingan ini , siapa tau bisa membantu orang lain yang sedang mencari informasi ini. Thank you !!

Please follow and like us:
MBA-Entrepreneurship Student Coffee addict, Thinker, try to be human Reach me at contact.me@saraswatisepti.com or saraswatisepti@gmail.com Lets share our stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Translate ยป