Tips menghemat biaya ulang tahun anak

biaya ulang tahun

Tips menghemat biaya ulang tahun anak

Di postingan sebelumnya saya sudah bahas mengenai konsep ide ulang tahun anak di rumah. Untuk menghemat biaya ulang tahun, saya mempunyai beberapa pertimbangan dalam membeli kebutuhan acara. Seperti jumlah barang yang dibutuhkan, urgensi keperluan dan bisa tidaknya kita mengakomodir konsep tersebut.

Baca juga :

Ulang Tahun Anak di Rumah – Prinsip Parenting

Berikut saya akan bagikan beberapa tips agar kita bisa menghemat biaya ulang tahun anak. Sehingga tetap bisa mengakomodir konsep yang kita tentukan :

Breakdown keperluan acara secara detail

Setelah kita menentukan tema atau konsep ulang tahun, breakdown schedule acara secara detail bisa dibuat dalam bentuk birthday planner. Misalnya tahap preparation atau persiapan dekorasi, opening, acara inti sampai penutupan. Tentukan perkiraan berapa menit waktu yang dibutuhkan dari setiap acara. Tulis juga siapa aja yang terlibat, misal keluarga, atau keluarga dan tamu. Selain itu breakdown juga list keperluaan yang dibutuhkan setiap acara misalnya kue, lilin, microphone, snack dsb.

Saya akan lampirkan contoh birthday planner yang saya buat. Perkiraan tamu undangan anak-anak 30 orang dan orang dewasa 50 orang :

biaya ulang tahun

Bagi yang ingin mendapatkan format kosongnya dalam bentuk PDF ataupun dalam bentuk Excel bisa di download di sini. Saya juga melampirkan contoh birthday planner yang saya isi.

Download birthday planner Gratis (Free in Excel)

Download birthday planner Gratis (Free in PDF)

Oh ya saya lupa, jangan lupa juga untuk list daftar undangan. Tentukan berapa jumlah anak-anak atau tamu yang akan hadir karena hal ini akan menentukan jumlah bingkisan dan keperluan lain. Jumlah daftar yang terlibat dalam acara juga mempengaruhi perhitungan biaya ulang tahun yang sudah kita tentukan loh. Jadi kita bisa memodifikasi sedemikan mungkin agar biayanya sesuai. Misalnya modifikasi kombinasi snack, makanan, minuman ataupun isi souvenir.

Hitung Budget Ulang Tahun

Perkiraan jumlah biaya ulang tahun yang dikeluarkan untuk acara di rumah haruslah sesuai dengan kemampuan kita. Konsep budgeting sangat lah penting untuk hal ini. Misal kita punya budget 2 juta rupiah. Dengan jumlah tamu yang sudah kita perkirakan maka kita bisa menyesuaikan semua kebutuhan dengan konsep yang sudah kita tentukan. Saya selalu menerapkan dalam mengelola keuangan di rumah haruslah nyaman. Jangan sampai semua pengeluaran yang kita lakukan hanya membuat kita stress.

Saat acara ulang tahun Sal kemarin, saya hanya mempersiapkan dekor, kue, snack, souvenir dan keperluan lainnya. Untuk makanan orang dewasa saya dibantu oleh orangtua saya. Tapi sebelumnya saya sudah jelaskan apa konsep dan makna acara tersebut, harus tetap sederhana dan simple jangan memberatkan. Tadinya orangtua saya akan menyiapkan nasi tumpeng yang dibungkus untuk dimasukan kedalam souvenir. Tapi saya sarankan agar tumpeng tersebut kita makan bersama-sama setelah acara.

Gunakan Budget planner

Dengan budget planner yang sudah saya buat akhirnya saya membuat budget calculation untuk acara ulang tahun anak di rumah. Pada hari H atau beberapa jam sebelum acara saya membeli tambahan snack untuk 5 souvenir karena saran orangtua saya. Padahal dari awal sudah saya tegaskan cukup 30 saja. Saya sudah list anak yang diundang hanya 17 orang dari keluarga besar dan 12 orang tetangga sekitar. Tapi gimana lagi ya akhirnya saya beli tambahan souvenir yang harganya kalau dihitung lebih mahal dari souvenir yang telah disiapkan.

biaya ulang tahun

Untuk download budget calculation templatenya bisa diklik di sini :

Download Birthday Budget Calculation Gratis (Free in PDF)

Download Birthday Budget Calculation Gratis (Free in Excel)

Kenapa lebih mahal? saat membeli semua kebutuhan, saya melakukan beberapa langkah penghematan biaya ulang tahun hehe seperti :

Tentukan budget snack untuk souvenir

Saya menentukan 15ribu rupiah untuk 1 souvenir. Saya dan suami sangat mempertimbangkan isi snack yang akan dibagikan sebagai souvenir. Misalnya jangan ada teh, jangan ada pengawet, dan aman untuk anak.

Selain itu saya melakukan survey harga terlebih dahulu dengan cara membandingkan harga secara online dan offline hehe. Saya bandingkan semua harga di Minimarket dan Supermarket. Untuk Minimarket saya iseng aja setiap belanja di sana sambil liat harga-harga. Untuk Supermarket saya menggunakan bantuan website happyfresh.id , untuk membandingkan harga dibeberapa supermarket terdekat.

Pilihan saya waktu itu jatuh pada Superindo dan Transmart. Saya pilih Superindo karena beberapa kali belanja di sana memang lebih murah. Bahkan bisa jauh lebih murah walaupun selisih 1.000 sampai 3.000 kan lumayan ya kalau belanja dalam jumlah banyak. Kemudian saya pilih Transmart karena saya ada kartu kredit bank Mega yang bisa memberikan kita tambahan diskon 10%. Walaupun sebenarnya harga lebih mahal dari Superindo dan juga suka ada promo buy 1 get 1, lumayan banget kaaan.

Tips membeli keperluan yang sesuai dengan budget calculation and planner :

  • Cari barang yang ada promonya, misal buy 1 get 1. Saya dapat Pocky-pocky buy 1 get 1 harga 7.000 rupiah. Jadi kalau saya beli 20 maka saya dapat 30 dus dan harganya menjadi 5.000 rupiah untuk 1 dus. Lumayan kaaan, begitu juga snack lain saya cari harga yang masuk budget. Makanya saya jelaskan sebelumnya ketika saya melakukan tambahan souvenir dadakan harga nya lebih mahal dan jadi overbudget.
  • Beli secara offline alias datang langsung ke toko. Agar bisa memilih secara langsung snack dengan harga sesuai dan kriteria yang sesuai. Kalau beli online jadinya tidak bisa memilih secara puas hahaha dan pasti ada ongkos kirim.
  • Fokus pada Birthday planner yang dibuat,. Kuatkan niat jangan mudah terpengaruh hal lain sehingga kita terhindar dari pembelian barang yang tidak perlu. Ingatlah selalu makna apa yang ingin disampaikan pada anak kita untuk acara ulang tahun ini, untuk anak bukan untuk kita.
  • Untuk dekorasi karena saya kurang informasi toko offline yang menjual semua peralatan ulang tahun yang murah akhirnya saya beli onlihe. Awalnya saya pergi ke Mall Ambassador tapi ternyata tidak ada pilihan yang menarik. Misalnya saya cari dekorasi baby shark tapi tidak ada, dan harganya lebih mahal dari online untuk yang banner baby shark.

Be Creative

  • Survey semua toko online yang menjual peralatan ulang tahun. Dengan syarat toko tersebut bisa menyediakan semua kebutuhan ulang tahun kita agar hemat ongkos kirim (usahakan maksimal 3 toko). Saya belanja di https://shopee.co.id/ karena selalu ada promo ongkos kirim hehe. Oh ya jangan lupa jadilah sekreatif mungkin. Misal dalam menentukan topi ulang tahun harga satuan bisa 3ribu rupiah 1 pcs dengan kostum nama dan tema. Saya memilih untuk mencari topi berwarna biru dengan tema umum dan sudah ready stock 1 pcsnya bisa 1.500 rupiah. Berikut beberapa toko online di shopee yang saya rekomendasikan :
  • Be Creative, awalnya saya mencari toko kue custom dengan tema baby shark. Saya pikir ulang biasanya kalau custom begitu kebanyakan gulanya. Untuk dekorasi kue dan rasa kue belum terjamin dan harganya sekitar 500 ribu rupiah lumayan mahal. Akhirnya saya beli kue di Colletelola di Mall Puri. Pemesanan dilakukan H-3 kemudian saya ambil H-1 acara ulang tahun, suami saya yang ambil langsung agar hemat ongkos kirim haha. Saya pesan kue dengan tema twinkle-twinkle little star blue. Saya beli langsung di toko karena lebih murah cuy, 385 ribu rupiah udah termasuk pajak. Kalau beli di Grab atau Go food harganya mahal 450 ribu belum ongkos kirim. Kalau beli online di websitenya juga mahal ongkos kirim 40 ribu. Kemudian saya beli cake topper online di shopee (yeyensie) dengan tema baby shark dengan harga 37 ribu rupiah bisa custom.
  • Berikan kado untuk tamu yang bisa digunakan untuk anak perempuan dan laki-laki. Saya beli tempat minum Avenger Series di Miniso. Harganya sekitar 60 ribu sampai 70 ribu rupiah.
biaya ulang tahun

Persiapkan H-1 bulan bakal lebih menghemat budget !!

Kesalahan saya dalam mempersiapkan acara ini adalah selalu menunda. Saya baru mengerjakan semua persiapan itu H-2 minggu itu juga baru survey harga. Setelah H-5 saya menemukan toko online di shopee yang menyediakan peralatan ulang tahun tema baby shark lengkap dengan harga murah. Namun setelah akan melakukan check out ternyata tokonya ada di China yang pengirimannya minimal 7-10 hari. Padahal harganya sangat murah bisa setengah harga toko online di Indonesia. Persiapan yang matang akan menghasilkan hasil yang baik bukan ? hehehe padahal kenyataanya saya pun bersusah payah menyiapkannya karena sambil jagain Sal setiap hari. Plus ada persiapan acara pernikahan temannya juga.

Mungkin hanya itu tips yang bisa saya bagikan, kalau ada sharing pertanyaan atau ide bisa langsung tulis di komen ya. Semua hal yang kita lakukan untuk anak kita, sebaiknya untuk kebaikan anak kita bukan untuk kepentingan kita. Semoga bermanfaat ya !

Beberapa foto dekorasi dan acara ulang tahun Sal

Baca juga :

Ulang Tahun Anak di Rumah – Prinsip Parenting

Please follow and like us:
Coffee addict, Thinker, try to be human Reach me at contact.me@saraswatisepti.com or saraswatisepti@gmail.com Lets share our stories

One thought on “Tips menghemat biaya ulang tahun anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Translate ยป