Wireless mengubah komunikasi dan perkembangan bisnis serta dunia Informasi akuntansi lebih fleksibel

Informasi akuntansi

Wireless mengubah komunikasi dan perkembangan bisnis serta dunia Informasi akuntansi lebih fleksibel

Informasi Akuntansi : Wireless adalah transmisi data tanpa kabel mengirim sinyal data melalui udara (Azhar Susanto 2008 , p.101). dengan adanya teknologi wireless , kita jadi lebih mudah untuk memindahkan komputer dan tetap bisa mengakses data dimana saja. Saat ini perkembangan teknologi wireless sangat pesat karena meningkatnya kebutuhan akan sistem informasi , terutama secara mobile. Macam – macam alat wifi :

• Ap atau Access Point bertugas menghubungkan komputer client yang telah dilengkapi dengan wireless adapter untuk membentuk sebuah jaringan.

• Antena : Untuk membangun jaringan wireless dengan ruang lingkup yang lebih luas biasanya di gunakan antena sebagai pemancar,antena ( Jaringan tanpa kabel , 2009 , wordpress.com , viewed 9 oktober 2010 < ritzkal.wordpress.com > )
Perkembangan ini pun sangat bermanfaat bagi masyarakat karena menimbulkan berbagai kemudahan. Dengan teknologi wireless kita lebih mudah mengakses informasi misalnya melalui internet. Internet merupakan salah satu media informasi yang mampu menyediakan berbagai informasi bagi masyarakat secara efektif dan efisien. Di Indonesia pada tahun 1980 masih banyak yang belum mengenal komputer ,sehingga kita sudah bangga jika menggunakan mesin tik elektronik. Pada tahun 1987 masyarakat Indonesia mengenal komputer dengan berprosesor 286 yang cara menghidupkannya masih menggunakan disket DOS dan belum menggunakan open system sehingga PC tidak dapat berkomunikasi dengan sistem lainnya ( Perkembangan Teknologi Wireless , 2009 , weblog yohana , viewed 9 oktober 2010 , blog.unila.ac.id/yohana). Namun sekarang hal itu sudah berubah karena perkembangan teknologi wifi , satu PC bisa dengan mudah berhubungan dengan PC lainnya bisa melalui kabel atau bahkan tanpa kabel (nirkabel). Wifi bisa di akses oleh siapa saja mulai dari mall , kafe , sekolah ataupun perusahaan karena wifi masih beroperasi di unlicense band . teknologi wifi sudah berkembang lebih baik misalnya pada saat sekarang sedang berkembang teknologi WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah teknologi teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. ( Perkembangan Teknologi Wireless , 2009 , weblog yohana , viewed 9 oktober 2010 , blog.unila.ac.id/yohana). Wimax merupakan teknologi yang bisa melayani masyarakat dalam area yang lebih luas dan lebih berkualitas. Namun teknologi Wimax harus memegang izin karena bekerja di frekuensi 2,5 dan 3,5 GHz ( Wimax , 2008 , indra riawan , viewed 9 oktober 2010 , indrariawan.wordpress.com/2008/05/30/wimax ).
Wireless dan teknologi komunikasi
Perkembangan wireless memberi dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan teknologi informasi. Dahulu untuk mendapatkan sebuah informasi , masyarakat mungkin hanya mengandalkan info dari seseorang ataupun hanya dari media cetak dan itu pun informasinya masih terbatas mengenai informasi lokal saja. Selain itu masyarakat juga hanya mengandalkan informasi yang tersedia dari tayangan – tayangan di media televisi yang juga sangat terbatas karena masyarakat tidak dapat memilih jenis informasi apa yang harus di dapat pada saat itu. Adapun masyarakat yang belum bisa membeli televisi , mereka mengandalkan informasi dari radio yang mungkin informasi itu hanya di dapat pada saat tertentu saja. Hal itu sangat menghambat perkembangan masyarakat untuk mengikuti arus informasi global. Namun setelah adanya teknologi internet masyarakat bisa lebih mudah mengakses informasi dan memilih jenis informasi apa yang dibutuhkan dalam waktu yang cepat dan efisien. Misalnya untuk mengetahui informasi mengenai keadaan ekonomi , politik dan sosial budaya di Indonesia , masyarakat tidak perlu menunggu acara berita di televisi ataupun radio. Masyarakat bisa mengakses berita melalui internet pada saat kapan pun. Selain itu kemudahan mendapatkan informasi bisa di akses oleh semua kalangan karena dengan lebih murahnya biaya akses internet sehingga masyarakat akan lebih berkembang dengan baik untuk mengahadapi arus informasi global.
Untuk mendapatkan informasi pun kita tidak perlu diam di suatu tempat atau mendatangi tempat – tempat tertentu , karena kita bisa mengakses informasi dimana pun kita berada. Kita bisa mengakses informasi dari handphone kita sehingga kita tidak perlu memikirkan dimana tempat untuk mendapatkan informasi. Untuk biaya mengakses informasi pun kita tidak perlu takut , karena saat ini semakin banyak tempat – tempat umum yang menggunakan teknologi wireless. Kita hanya menyediakan alat yang mendukung teknologi wireless tersebut sehingga kita bisa mengakses informasi secara gratis.
Dengan adanya perkembangan pada teknologi informasi kita akan lebih mudah untuk berbagi atau berkomunikasi dengan orang lain dimana pun. Teknologi informasi saling berkaitan dengan teknologi komunikasi karena pada saat kita berkomunikasi dengan seseorang berarti kita pun memberikan informasi kepada orang itu. Misalnya dengan teknologi telephone , kita bisa berkomunikasi dengan seseorang tanpa harus bertatap muka atau pun melakukan mobilitas. Telephone pun kini berkembang menjadi handphone yang merupakan salah satu teknologi wireless karena merupakan teknologi nirkabel. Dengan adanya wireless teknologi komunikasi pun cenderung berkembang misalnya dengan menggunakan internet kita bisa bertatap muka dengan orang lain tanpa harus bertemu yaitu melalui fitur video streaming. Kita bisa berkomunikasi langsung dan bertukar informasi dengan waktu yang cepat. Teknologi wireless sangat membantu perkembangan teknologi komunikasi. Karena dengan perkembangan wireless , sinyal yang digunakan dalam berkomunikasi melalui handphone akan lebih baik dan lebih cepat. Namun perkembangan wireless tidak hanya memberikan dampak positif , perkembangan teknologi ini selalu mempunyai dampak negatif , misalnya karena mudahnya berkomunikasi tanpa harus melakukan mobilitas , seseorang akan menjadi pemalas atau bahkan bisa merusak kesehatannya karena terlalu lama diam dan tidak bergerak. Selain itu kriminalitas akan bertambah karena terjadi penipuan melalui teknologi komunikasi bahkan bisa menghilangkan nyawa seseorang. Misalnya saat ada seorang anak yang berkenalan dengan seseorang melalui situs jejaring sosial yang otomatis kita tidak akan mengetahui identitas orang yang kita kenal di situs jejaring sosial dan anak itu mungkin akan ditipu oleh orang yang dikenalnya melalui situs itu. Dampak negatif lainnya adalah penurunan tata krama terhadap orang tua.

Korelasi wireless dengan dunia bisnis dan akuntansi
Akuntansi merupakan suatu bidang yang melakukan proses identifikasi , pencatatan serta pelaporan semua transaksi ekonomi. Akuntansi merupakan bidang yang sangat dibutuhkan oleh setiap pihak , baik perusahaan , pemerintah maupun masyarakat. Akuntansi begitu penting bagi kehidupan perekonomian. Akuntansi memberikan suatu laporan keuangan yang nyata , benar , jelas dan transparan. Hal itu tentu bisa membantu perusahaan untuk mengetahui keadaan ekonomi perusahaan tersebut , selain itu pemerintah pun sangat membutuhkan akuntansi untuk mengetahui keadaan ekonomi negaranya dan agar mengetahui transaksi apa saja yang terjadi sehingga akuntansi bias membantu pemerintah ataupun perusahaan dalam mengontrol keuangan agar tidak terjadi penyimpangan , manipulasi ataupun korupsi sehingga membantu masyarakat untuk mengetahui keadaan ekonomi Negara agar mereka tetap bisa percaya kepada pemerintah. Transaksi yang terjadi setiap hari mungkin tidak bias terhitung banyaknya , oleh karena itu seorang akuntan harus benar – benar mengikuti informasi dan mengetahui kebijakan – kebijakan apa yang baru di revisi atau baru dibuat agar dalam melakukan pembuatan laporan keuangan bias mengikuti kebijakan yang ada. Akuntansi juga merupakan bidang yang bila mengaudit keuangan suatu perusahaan atau pun pemerintah jadi akuntansi membutuhkan teknologi yang benar – benar bisa mendukung professi tersebut misalnya sekarang pemprosesan data yang sebelumnya manual berubah menjadi menggunakan komputer. Jadi untuk pembuatan laporan keuangan yang lebih cepat atau lebih akurat teknologi wireless sangat membantu kegiatan di bidang akuntansi karena bisa memperkecil kesalahan dan mengidentifikasi transaksi – transaksi keuangan dengan cepat. Misalnya apabila auditor bekerja secara tim sedangkan waktu dan tempat sangat terbatas , jadi tim audit tersebut bisa bertukar informasi tentang laporan keuangan tersebut tanpa harus berkumpul di suatu tempat dengan menggunakan teknologi wireless. Teknologi wireless pun bisa membantu seorang audit untuk mengetahui informasi suatu perusahaan untuk di jadikan input dalam proses audit.
Dalam bidang akuntansi , laporan yang dibuat harus tepat waktu dan relevan sehingga akuntansi benar – benar membutuhkan teknologi informasi yang lebih fleksibel dan dinamis yaitu wireless. Akuntansi mempunyai tujuan untuk menginformasikan laporan keuangan secara riil dan transparan sehingga wireless sangat membantu bidang akuntansi karena bisa menginformasikan laporan keuangan tersebut kepada masyarakat melalui internet dengan kata lain para akuntan berkomunikasi dengan masyarakat melalui teknologi informasi secara fleksibel. Wireless merupakan teknologi yang benar – benar membuat banyak perubahan di bidang akuntansi dan membuat banyak pihak lebih mudah mengenal atau mengetahui keadaan suatu perusahaan terutama bagi investor – investor yang tertarik pada suatu perusahaan. Namun dampak negatifnya , teknologi wireless memungkinkan semua pihak mengetahui keadaan keuangan suatu perusahaan termasuk perusahaan lawan. Itu bisa menimbulkan suatu perusahaan mengetahui kelemahan dari perusahaan lain yang bisa berakibat perusahaan tersebut menjatuhkan perusahaan lawannya. Selain itu dengan mudahnya akses tanpa kabel , setiap orang bisa mengakses data secara illegal misalnya dengan mencuri data dari suatu intansi ataupun perusahaan tanpa harus datang ke server data tersebut.
Dalam dunia bisnis tentunya perkembangan teknologi sangat dibutuhkan. Wireless berpperan begitu besar dalam dunia bisnis saat ini. Hampir semua transaksi bisnis menggunakan teknologi wireless. Misalnya , dengan teknologi wireless , pemesanan suatu barang tidak perlu lagi membuang banyak waktu dan biaya dengandatang ke took tempat barang itu di jual. Cukup dengan kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi , terutama internet orang tersebut bisa melihat barang tersebut melalui jaringan internet. Selain itu hampir sebagian besar transaksi ekonomi misalnya pembayaran atau pun pemasukan pendapatan melalui ATM yang menggunakan teknologi wireless dalam operasinya. Sehingga transaksi lebih mudah dan cepat dan tidak memerlukan biaya tambahan.
Bisnis pun lebih berkembang dengan adanya wireless , karena omset pemasaran akan lebih luas. Dengan konsep pemasaran online yang otomatis menggunakan wireless para konsumen akan lebih banyak karena tidak hanya dalam pasar lokal saja namun bisa sampai pasar internasional. Wireless menjadikan konsumen dan produsen saling menguntungkan. Untuk produsen , keuntungan akan lebih banyak begitu pun dengan produk yang dihasilkan akan semakin berkualitas karena tidak memerlukan biaya promosi yang terlalu mahal. Dengan wireless produsen akan mengetahui berapa permintaan yang konsumen butuhkan sehingga produsen akan lebih baik dalam menentukan jumlah produk yang akan dihasilkan sehingga produsen pun akan bisa menimimalisir kerugian akibat kelebihan penawaran.
Bisnis yang awalnya masih bersifat konvensional kini sudah menjadi bisnis yang sangat modern karena menggunakan teknologi wireless. Misalnya ada seorang pemuda di bandung yang memutuskan untuk menjadi wirausaha di bidang fashion atau pun factory outlet , awalnya memang bisnis pemuda itu mendapatkan banyak hambatan namun setelah dia mencoba memasarkan barangnya lewat internet usahanya pun semakin berkembang. Sekarang produk yang dihasilkan pemuda itu lebih dikenal di pasar internasional dibandingkan oleh masyarakat di negeri sendiri dan menjadi brand fashion sebuah band luar negeri. Hal itu bisa kita simpulkan bahwa dampak perkembangan teknologi benar – benar bisa membuat perubahan dalam aspek bisnis. Dengan akses data yang sudah luas dan cepat sehingga bisa menghilangkan batasan – batasan wilayah yang di waktu lalu mungkin sangat sulit melakukan itu.
Dalam dunia bisnis , suatu perusahaan tentunya akan membutuhkan informasi yang akurat dan terbaru. Seperti dalam pengambilan sebuah keputusan tentunya perusahaan harus mengetahui manfaat atau kerugian dari keputusan tersebut. Hal itu sangat terbantu dengan adanya teknologi yang bisa terkoneksi di mana saja dan mencangkup wilayah yang luas yaitu wireless. Wireless juga bisa menjadi sarana komunikasi antar perusahaan atau perusahaan dengan pihak lainnya. Dalam suatu rapat , mungkin seorang direktur perusahaan berhalangan hadir karena ada kegiatan lain namun rapat tu masih bisa berjalan dengan menggunakan video teleconferencing yaitu teknologi yang menggunakan gelombang ataupun satelit melalu jaringan internet sehingga direktur tersebut bisa bertatap muka dengan anggota rapat yang lain tanpa harus berada di tempat yang sama.

Dampak wireless terhadap teknologi komunikasi , dunia bisnis dan akuntansi
Teknologi merupakan suatu penemuan yang benar – benar merubah pola hidup manusia. Teknologi memberikanbanyak manfaat dalam berbagai bidang dan merupakan hasil pemikiran manusia sehingga kita bisa mengukur sampai mana manusia sekarang bisa memanfaatkan pemikiran mereka untuk menemukan hal baru yang bisa membuat kehidupan lebih baik. Namun teknologi juga mempunyai dampak negatif di berbagai aspek kehidupan. , baik itu dalam aspek komunikasi dam ekonomi. Danpak teknologi dalam beberapa aspek :

• Teknologi komunikasi
Wireless mengubah cara berkomunikasi manusia yang sebelumnya hanya anata manusia perseorangan dan di sekitar saja ataupun dengan cara konvensional lainnya seperti menggunakan surat yang penyampaiannya bisa memakan waktu yang lama menjadi cara berkomunikasi yang bisa mencakup kawasan yang luas serta cepat. Selain itu teknologi wireless memungkinkan seseorang yang jaraknya berjauhan bisa bertatap muka dan berbicara secara langsung. Teknologi komunikasi itu lah yang menyebabkan manusia lebih cepat melakukan mobilitas dan mengembangkan dirinya. Namun wireless tidak sepenuhnya membawa dampak positif terhadap teknologi komunikasi. Dengan adanya wireless , seseorang akan lebih menggantungkan interaksinya dengan orang lain kepada teknologi. Mereka akan merasa malas jika harus bertatap muka secara langsung. Selain itu wireless memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan yang lain dengan cara berperan sebagai orang lain. Maksudnya adalah karena wireless merupakan teknologi nirkabel sehingga bisa digunakan dimana – mana dan bisa menghubungkan orang di semua wilayah tapa melihat atau mengenal secara pribadi satu sama lain sehingga sesorang akan berkomunikasi tetapi bukan sebagai dirinya namun mereka seolah – olah menjadi pribadi yang lebih baik. Hal itu bisa mengakibatkan kriminal seperti penipuan identitas atau pun penipuan yang bisa merugikan orang lain.
• Dunia bisnis
Teknologi berkembang bisa membuat bisnis berkembang. Perkembangan teknologi mengakibatkan cara berbisnis lebih maju dan bisa menyentuh semua lapisan. Misalnya dengan adanya teknologi wireless , semua lapisan masyarakat bisa melakukan bisnis tanpa harus mempunyai biaya yang banyak. Misalnya dalam dalam pemesanan barang tinggal menggunakan internet ataupun handphone.
Wireless bisa mempercepat kegiatan bisnis di perusahaan. Misalnya perusahaan besar yang mempunyai banayak anak perusahaan dengan tempat berbeda akan tetap bisa saling terhubung baik itu mengenai laporan kegiatan atau pun data yang diperlukan untuk kegiatan perusahaan bisa di akses dengan cepat. Informasi merupakan unsur penting bagi perusahaan dalam mengambil keputusan untuk perkembangan bisnisnya. Baik mengenai keadaan pasar , keuangan atau bahkan info mengenai investor. Dengan wireless , perusahaan tidak perlu lagi merasa sulit untuk membuat suatu media yang bisa menjadi sarana mobilitas data. Wireless menjadikan server data di perusahaan bisa terkoneksi dengan mudah dengan server data perusahaan di tempat lain.
Namun wireless tidak sepenuhnya menguntungkan semua pihak. Misalnya saja , sekarang masyarakat lebih memilih untuk menggunakan handphone atau internet untuk berhubungan dengan yang lain daripada menggunakan jasa pos. itu membuat perusahaan pos harus memikirkan cara lain agar tetap bisa bertahan. Selanjutnya wireless membuat pengusaha menjadi rugi seperti pengusaha wartel dan warnet yang memilih untu menutup usahanya karena masyarakat sekarang bis amenggunakan telephone dan internet dimanapun mereka berada dengan berkembangnya wireless dalam handphone atau pun alat yang di dukung internet ( ipad , handphone , notebook ). Selanjutnya wireless memungkinkan cyber crime meningkat seperti pembobol ATM atau bank melalui jaringan internet. ATM merupakan teknologi yang menggunakan wireless agar terhubung dengan bank , para penjahat bisa membobol uang tanpa harus mempunyai kartu ATM karena penjahat bisa mengetahui data atau cara untuk membobol uang tersebut tentunya dengan keahlian di bidang IT. Kemudian melalui web sebuah bank pun para penjahat bisa masuk dan melakukan akses untuk pengambilan uang.
• Bidang akuntansi
Akuntansi merupakan bidang yang benar – benar sangat di butuhkan dalam dunia ekonomi dan akuntansi sangat membutuhkan informasi dan data dalam setiap prosesnya. Wireless memberikan dampak positif terhadap akuntansi misalnya dalam pembuatan laporan keuangan suatu perusahaan tidak perlu mengumpulkan semua data yang tersebar di berbagai divisi di perusahaan dalam satu server. Melalui internet misalnya setiap divisi di perusahaan bisa mengirimnya kepada akuntan tersebut. Dampak negatif dari wireless terhadap akuntansi yaitu pengambilan data oleh pihak lain melalui jaringan sehingga suatu data yang bersifat privasi mengenai keuangan suatu perusahaan bisa di lihat oleh pihak lain.
Teknologi merupakan suatu cara baru yang merubah kehidupan manusia lebih fleksibel dan modern. Teknologi membantu segala aspek kehidupan dan menjadikan suatu hal yang sulit dilakukan lebih mudah dilakukan. Teknologi berkembang seiring dengan kemampuan manusia untuk berpikir dan menghasilkan ide – ide baru. Kebutuhan manusia yang semakin kompleks pun menuntut teknologi untuk terus berkembang. Wireless sebagai teknologi yang lebih fleksibel merupakan teknologi digunakan di setiap bidang. Penggunaannya yang lebih mudah dan cepat membuat wireless digunakan banyak orang sehingga wireless pun harus berkembang sesuai tuntutan tersebut. Baik dari segi perkembangan kecepatan , bandwith ataupun wilayah yang bisa di jangkau. Seperti di Indonesia , wimax merupakan teknologi perkembangan wireless yang lebih canggih namun masih di perdebatkan mengenai perizinannya. Namun tidak sepenuhnya wireless itu menguntungkan. Wireless bisa menimbulkan masalah bahkan kejahatan ( cyber crime). Untuk mengatasi hal itu , pemerintah harus membuat suatu perlindungan untuk masyarakat melalui aturan hukum dan pemerintah dituntut pula untuk menyesuaikan dengan teknologi yang terus berkembang. Di Indonesia hukum mengenai teknologi khususnya cyber crime masih belum bisa sepenuhnya melindungi masyarakat. Selain pemerintah , masyarakat pun harus ikut melindungi diri dan sekitar dalam penggunaan teknologi. Masalah mucul karena dari masyarakat itu sendiri , maksudnya adalah pembuatan teknologi oleh seseorang mungkin ditujukan untuk tujuan yang baik dan kepentingan bersama namun dari masyarakat itu sendiri lah yang mungkin merusak tujuan baik tersebut salah satunya adalah dengan melakukan cyber crime.
Perkembangan wireless berpengaruh juga terhadap teknologi komunikasi , bisnis dan akuntansi yang menyebabkan ketiga bidang tersebut menjadi lebih modern. Hal itu bisa dilihat dari proses dan cara dari bidang – bidang tersebut. Perubahan itu memang menguntungkan berbagai pihak , namun kita sebagai manusia tentunya harus tetap bisa mengontrol perkembangan teknologi tersebut karena pemikiran manusia lah yang menciptakan teknologi sehingga kita pula yang harus mengontrolnya jangan sampai manusia dikontrol oleh teknologi.

Let's connect
Passionate about Data Analytics, Entrepreneurship, and Business Strategy. Exploring the intersection of data-driven insights and innovative business decisions. B. Economics | MBA-Entrepreneurship | Data Analytics Certified | Analyst and Research Reach me at saraswatisepti@gmail.com or hai.ssaras@gmail.com

One thought on “Wireless mengubah komunikasi dan perkembangan bisnis serta dunia Informasi akuntansi lebih fleksibel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Translate »