Korelasi Teknologi dan Bisnis serta Dampaknya

Teknologi dan bisnis

Korelasi Teknologi dan Bisnis serta Dampaknya

Manusia merupakan makhluk yang tidak bisa berdiri sendiri dan sangat bergantung kepada orang lain ataupun alat – alat yang bisa membantu kegiatan mereka. Selain itu manusia merupakan makhluk yang tidak pernah puas dan selalu dihadapkan pada masalah sehari – hari. Untuk melakukan aktivitas sehari-hari , manusia melakukannya dengan tubuh mereka yang dibantu dengan panca indera dan bertumpu pada otot mereka sehingga banyak sekali mengeluarkan banyak tenaga. Hal itu membuat hidup manusia tidak efektif , efisien dan kurang produktif. Namun setelah ditemukan teknologi , berbagai macam alat dihasilkan untuk membantu kehidupan manusia lebih mudah. Manusia menemukan dan menggunakan teknologi karena mereka menggunakan akalnya dan ingin keluar dari masalah agar hidup lebih baik. Teknologi merupakan suatu inovasi yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan kehidupan manusia dalam berbagai bidang.

Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang terus berkembang karena bisa terus dipelajari sesuai dengan kebutuhan manusia dan untuk di aplikasikan ke dalam kegiatan sehari-hari. Ilmu pengetahuan merupakan dasar dari ditemukannya teknologi. Oleh karena itu teknologi tidak bisa dihindarkan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Dengan teknologi manusia tidak hanya bertumpu lagi pada otot mereka untuk melakukan aktifitas tetapi manusia bisa menggunakan teknologi dengan otak mereka untuk melakukan aktifitas mereka. Teknologi membuat hidup manusia seperti tanpa batas , misalnya dengan teknologi manusia bisa berhubungan dengan dunia luar tanpa harus melakukan mobilitas tempat atau mengeluarkan banyak biaya. Dengan teknologi pun kebutuhan manusia berkembang sangat cepat karena adanya tuntutan zaman atau perkembangan – perkembangan kegiatan di masyarakat yang merubah gaya hidup mereka. Hal itu menuntut manusia untuk lebih menggunakan idenya untuk mengembangkan atau menemukan inovasi – inovasi teknologi agar bisa mengikuti arus kebutuhan manusia. Karena seiring dengan ditemukannya teknologi , kebutuhan manusia pun akan lebih cepat berkembang. Dengan adanya teknologi persaingan pun akan lebih tinggi oleh karena itu manusia harus meningkatkan kapasitas mereka agar lebih berkompeten. Persaingan dalam kehidupan, baik itu kehidupan bisnis, kehidupan bermasyarakat, maupun kehidupan individual sangat ditentukan oleh kemampuan berinovasi. Untuk bisa berinovasi diperlukan kreatifitas yang tinggi dan pengetahuan yang luas serta pengoptimalan daya pikir yang kita miliki.

Teknologi dan bisnis

Teknologi sangat menunjang berbagai bidang kehidupan seperti bidang kesehatan , pendidikan , militer , bisnis , dan sosial. Namun pada makalah ini , saya akan membahas teknologi yang berkaitan dengan bisnis dan dampaknya. Bisnis merupakan kegiatan mencari keuntungan dengan menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan produsen dan konsumen yang bersifat saling melengkapi dengan tetap melihat unsur survival , tanggung jawab sosial , berkembang dan tumbuh. Dalam bisnis kita harus banyak membuat networking karena dengan networking kita bisa memperluas bisnis kita dan membuat bisnis kita menjadi maju. Oleh karena itu networking bisa dikategorikan sebagai modal. Untuk menciptakan networking yang luas pada zaman sekarang kita tentunya membutuhkan teknologi. Khususnya teknologi informasi. Seperti yang dikatakan oleh Mantan Menteri Riset dan Teknologi Prof Dr Zuhal , “Perkembangan ekonomi selaras dengan perkembangan iptek. Teori ekonomi Adam Smith yang hanya berpangku pada modal, bahan baku, lahan dan tenaga kerja sudah tak berlaku lagi, karena harus ditambah faktor lain yakni teknologi,” katanya sambil menambahkan bahwa negara yang ekonominya maju adalah negara yang memiliki teknologi maju. Dengan itu kita bisa menyimpulkan bahwa teknologi benar – benar berpengaruh terhadap dunia bisnis. Untuk mempertahankan atau menumbuhkan ekonomi negara kita harus terus berusaha menciptakan teknologi baru yang tentunya harus mendapat anggaran dari pemerintah. Zaman sekarang pun teknologi sudah canggih dan fleksibel , tentunya kita harus terus mengembangkannya. Mungkin kita bisa membayangkan teknologi apa pada 25 tahun ke depan. Tapi itu bukan hanya menjadi bayangan saja karena itu bisa menjadi kenyataan.

Perkembangan teknologi di dunia bisnis

Untuk mencukupi kebutuhan hidup , manusia melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi itu sendiri sudah berlangsung sangat lama dari mulai zaman manusia belum mengenal aksara ataupun bahasa dan belum mengenal uang bahkan belum mengenal teknologi apapun. Misalnya di mulai dari sistem barter dengan menggunakan barang – barang yang terbuat dari batu pada zaman pra-aksara namun itu hanya bisa mencukupi kebutuhan pokok mereka dan hanya untuk bertahan hidup. Kemudian karena sumber daya alam yang terbatas namun kebutuhan manusia tidak terbatas dan adanya perbedaan kekayaan alam di setiap daerah , akhirnya menimbulkan perdagangan antar daerah atau pulau bahkan benua. Itu juga setelah ditemukannya alat sederhana seperti perahu layar atau pun hanya menggunakan hewan sebagai alat transportasi. Tentunya hal itu sangat membutuhkan banyak pengorbanan dan hasil yang didapatkan hanya cukup utuk beratahan hidup. Perdagangan dengan cara itu juga sangat tidak efektif dan efisien karena banyak memerlukan waktu , tenaga , bahkan resiko keselamatan. Sesuai dengan prinsip ekonomi yaitu dengan pengorbanan atau biaya yang sekecil-kecilnya dapat menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarmya , akhirnya manusia mulai menggunakan akal mereka untuk menemukan sebuah inovasi yang bisa membantu mereka untuk memenuhi kehidupan dan bisa mengikuti perkembangan zaman. Di mulai dengan digunakannya mata uang yang bisa memudahkan masyarakat untuk bertransaksi , adanya alat transportasi sederhana dengan bantuan binatang yang memudahkan mobilitas perdagangan , dan terus berkembang dengan ditemukannya teknologi-teknologi seperti mobil atau alat transportasi lain. Selain itu banyak teknologi-teknologi penunjang untuk kegiatan ekonomi seperti digunakannya traktor yang bisa membuat lebih mudah dalam menggarap sawah , bendungan untuk mengairinya dan kalkulator untuk memudahkan penghitungan transaksi.

Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu cepat , manusia selalu berpikir untuk menemukan teknologi-teknologi yang bisa membantu kegiatan ekonomi mereka lebih mudah. Misalnya dengan ditemukannya alat-alat komunikasi seperti telegram lalu telephone. Pelaku-pelaku ekonomi sangat terbantu dengan adanya teknologi-teknologi itu karena lebih mudah untuk melakukan pemesanan barang ataupun berkomunikasi antara produsen , distributor dan konsumen. Namun manusia tetaplah manusia yang tidak pernah puas akan sesuatu , karena perkembangan zaman dan untuk mengefektifkan waktu , akhirnya manusia mulai menggunakan internet untuk melakukan kegiatan ekonomi seperti transaksi jual beli secara on-line yang tidak memerlukan waktu dan biaya yang besar untuk bertemu antara produsen dan konsumen , toko on-line yang lebih memperkecil biaya promosi ataupun sewa tempat , dan berbagai pemanfaatan teknologi lainnya.

Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi dan informasi global. Hanya dengan pengetahuan dan kemampuan menggunakan internet kita bisa berhubungan dengan relasi di seluruh dunia dengan mudah dan cepat. Kita juga bisa mendapat informasi-informasi tentang keadaan pasar ataupun tentang peluang usaha. Dalam kehidupan yang digerakkan oleh teknologi informasi (komputer dan internet) kesuksesan hidup di dunia sangat tergantung pada penguasaan pengetahuan, dan kemampuan mengelola emosi serta kemampuan menjalin hubungan sosial. Banyak pakar berpendapat bahwa kunci sukses untuk mengarungi kehidupan turbulensi perubahannya sangat tinggi , orang harus memiliki tiga modal, yakni intellectual capital, social capital, soft capital, and spiritual capital ( lihat Ancok, 1998; Ancok, 1999; Nahapiet & Ghoshal, 1998 )

Apakah teknologi sudah bisa digunakan secara global ?

Perkembangan teknologi yang pesat bukan berarti semua manusia telah menyentuh teknologi. Dunia ini sangat luas sehingga masih ada daerah – daerah yang sulit di jangkau. Bukan hanya teknologi namun peradaban pun masih sangat tertinggal. Pakaian , tempat tinggal dan makanan pun masih memanfaatkan hasil dari kekayaan alam. Jadi teknologi belum ada sama sekali di daerah mereka yang berakibat kehidupan mereka tidak ada kemajuan karena belum bisa melakukan kegiatan yang modern khususnya kegiatan ekonomi yang sudah umum dilakukan di daerah yang telah mempunyai sistem yang maju. Masalah itu tentunya menjadi tanggung jawab kita juga sebagai manusia yang mempunyai tanggung jawab sosial. Mungkin kita bisa mengusahakan mengenalkan perkembangan zaman atau khususnya teknologi dan ekonomi yang bisa menghasilkan pendapatan untuk membangun daerah mereka.

Penggunaan teknologi di bidang bisnis

Sekarang bisnis bukan merupakan hal yang susah atau hal yang hanya dilakukan oleh orangtua kita atau kegiatan yang dilakukan orang dewasa untuk mencari nafkah. Sekarang binis bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun kita mau. Dari mulai bisnis kecil sampai bisnis besar ataupun yang awalnya hanya bisnis bermodal kecil jadi bisa bisnis yang berskala besar. Kita tidak perlu takut untuk berbisnis karena dengan hanya bermodal ide dan kemampuan menggunakan teknologi kita bisa melakukan kegiatan bisnis. Sepertinya manusia zaman sekarang tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk melakukan kegiatan , karena dengan adanya teknologi semua bisa menjadi lebih mudah. Dengan adanya teknologi kita bisa memanfaatkan peluang yang ada, misalnya hal kecil seperti bisnis fotocopy , dalam kegiatan kuliah biasanya ita perlu modul atau hand-out yang harus di fotocopy. Namun kebanyakan mahasiswa malas untuk pergi ke tempat fotocopy karena harus mengantri , tapi kita bisa memanfaatkan hal itu dengan menawarkan jasa untuk fotocopy secara kolektif dengan menggunakan mesin fotocopy yang sekarang sudah ada di mesin printer di rumah kita. Intinya dari hal-hal kecil yang mungkin orang tidak berpikir bahwa itu bisa menjadi peluang bisnis , kita bisa memanfaatkannya karena teknologi sekarang sudah lebih mudah dan simple. Teknologi informasi tidak lagi dipandang sebagai cost center , bukan juga hanya sebagai profit center tetapi sudah menjadi enabling faktor – faktor penyedia yang memungkinkan bisnis berjalan.

Persaingan di dunia ekonomi sekarang , bukan hanya dilihat dari tingkat akademiknya saja , namun persaingan ekonomi sekarang di ikuti dengan kemampuan teknologi nya atau pun teknologi yang di gunakan dalam kegiatan ekonomi tersebut. Misalnya , industri – industri yang menggunakan teknologi – teknologi canggih sehingga menggeser faktor ekonomi seperti tenaga kerja. Oleh karena itu seseorang yang ingin bersaing di dunia kerja harus mampu menguasai teknologi dan mengikuti perkembangannya bukan hanya mengandalakan kemampuan akademiks saja. Ha itu diperlukan agar pada saat bekerja , pekerja bisa mengoperasikan teknologi-teknologi yang digunakan. Coba bayangkan jika para pekerja tidak bisa menguasai teknologi ? mungkin itu hanya bisa membuat perusahaan menjadi rugi karena ada kesalahan-kesalahan dalam proses produksi dan juga bisa menimbulkan kecelakaan kerja karena kesalahan dalam penggunaan teknologi.

Beberapa contoh penggunakan teknologi dalam dunia bisnis :

Ø E-shop

Dengan teknologi internet , para pebisnis tidak perlu bertatap muka dengan kliennya atau membuat iklan dan menyediakan tempat untuk tempat bisnisnya. Dengan e-shop pebisnis hanya memasang gambar produknya dan hanya mengeluarkan sedikit biaya. Begitu juga dengan kliennya , untuk membeli suatu barang tinggal memesannya dan membayarnya lewat atm. Pemasaran usaha khususnya telah terpengaruh oleh kemajuan online. Bisnis dengan berkomunikasi lebih efektif dengan audiens yang lebih luas sehingga meningkatkan peluang mereka untuk meraih pelanggan.

Ø Mesin – mesin atau teknologi industri

Tenaga manusia produktivitasnya terbatas karena kondisi fisik manusia yang tidak memungkinkan untuk dipakai untuk bekerja selama 24 jam dan kemampuan manusia juga terbatas untuk melakukan hal – hal yang sulit. Dengan adanya mesin – mesin atau teknologi industri jumlah produksi menjadi lebih banyak dan kegiatan bisnis atau industri yang sulit dilakukan dan beresiko bisa lebih mudah dengan menggunakan mesin. Dalam produksi makanan atau minuman pun akan lebih steril karena dilakukan oleh mesin bukan oleh manusia dan bakteri – bakteri pun bisa terdeteksi. Sehingga hal itu bisa menghasilkan pendapatan perusahaan yang lebih besar karena kualitas dan kuantitas produksi lebih meningkat.

Ø Video conferencing

Bagi pengusaha atau orang – orang yang harus mendatangi sebuah rapat di sebuah tempat mungkin tidak selamanya bisa hadir. Hal itu mungkin disebabkan karena kemacetan lalulintas , kondisi tidak sehat dan sedang berada di tempat lain. Namun dengan adanya video conferencing kita bisa bertatap muka dan melakukan pertemuan dan seolah – olah para anggota rapat berada di tempat yang sama.

Ø Alat detektor

Dengan adanya detektor pengusaha atau orang yang mempunyai toko tidak perlu lagi khawatir dengan adanya konsumen yang menyembunyikan barang belanjaan yang belum dibayar karena dengan melewati detektor , mesin akan berbunyi sehingga pengusaha terhindar dari kerugian. Begitu pun denga teknologi detektor bom atau barang berbahaya lainnya yang membuat tempat usaha akan lebih nyaman dan pengunjung lebih banyak karena terjaga ke amanannya.

Ø Aplikasi handphone

Dengan adanya aplikasi handphone , para pengusaha akan lebih mudah mendapatkan informasi atau pun cara – cara melakukan usaha. Seperti aplikasi yang di sediakan oleh salah satu produk handphone yang bisa di akses oleh para petani di daerah – daerah sehimgga meningkatkan kualitas pertanian.

Ø CCTV

Dengan adanya kamera cctv tempat usaha akan lebih aman dan nyaman. Karena apabila ada kehilangan barang yang akan dijual karena di curi oleh pengunjung akan lebih cepat diketahui.

Ø Alat pembayaran

Mungkin dengan ATM atau kartu kredit kita bisa membayar transaksi – transaksi ekonomi kita. Namun sekarang sudah ada alat lain yaitu dengan cara membayar dengan menggunakan handphone kita seperti di negara korea selatan. Kita hanya menempelkan handphone kita pada sebuah alat dan dengan otomatis kita bisa membayar dengan pulsa kita.

Ø Barcode

Dengan menggunakan barcode kegiatan bisnis akan lebih mudah dan cepat karena sistem pendataan yang sudah modern dan pembayaran akan lebih cepat jadi pengunjung tidak perlu mengantri terlalu lama.

Apa mungkin bisa diciptakan teknologi yang di luar bayangan kita ?

Itu mungkin sebuah pertanyaan dari orang – orang yang mungkin hanya sebagai pengguna teknologi bukan pencipta atau penemu teknologi , termasuk saya. Mungkin orang tua kita dahulu atau bahkan para generasi yang tidak mengenal teknologi tidak pernah menyangka atau membayangkan akan adanya teknologi – teknologi canggih yang membantu kegiatan sehari – hari lebih otomatih dan mudah. Tapi kenyataan dari tahun ke tahun teknologi banyak ditemukan danmembantu kita dalam mengakses informasi dan melakukan kegiatan bisnis. Sekarang pun kita mungkin tidak tahu teknologi apalagi yang akan berkembang besok , tahun depan atau 25 tahun yang akan datang.

Sekarang microsoft sedang meneliti dan mengembangkan The Think System yaitu sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menggunakan otak kita dalam menggunakan komputer. Komputer akan menjalankan perintah yang diberikan otak kita. Alat ini dipakai dikepala kita. Teknologi ini mungkin merupakan aplikasi yang belum pernah ada namun itu akan tercipta. Hal ini dikatakan oleh Desney Tan peneliti dari Microsoft. Apabila teknologi ini ada , mungkin kegiatan bisnis akan lebih praktis karena kita hanya menggunakan otak kita atau memikirkan sesuatu dan komputer akan memberi informasi pada kita.

Selain itu komputer yang sekarang ada di rumah – rumah masih belum bisa mendeteksi suara kita atau artinya komputer kita masih tuli. Namun apakah mungkin suatu saat komputer bisa melakukan perintah dari suara yang kita keluarkan atau dengan kata lain komputer bisa mendengarkan suara kita sebagai perintah ? itu hanya ada dalam bayangan saya saja untuk saat ini , tapi mungkin waktu yang akan datang teknologi itu bisa terjadi.

Ada bayangan lain di dalam pikiran saya , yaitu apa mungkin suatu saat transaksi ekonomi sudah tidak membutuhkan lagi mata uang yang nyata seperti kertas atau logam. Tapi hal itu bisa terjadi karena sekarang pun masyarakat lebih memilih menggunakan kartu kredit mereka atau mentransfer uang dengan ATM atau pun mobile banking. Tapi mungkin hal itu bisa berpengaruh terhadap keadaaan ekonomi di Indonesia khususnya pada kenaikan inflasi. Namun apabila teknologi itu sudah ada mungkin pemerintah harus mengeluarkan sistem atau pun kebijakan tentang teknologi “uang digital” itu agar tidak terjadi inflasi.

Robot rumah teknologi yang mungkin bisa membantu kita dalam segala hal seperti asisten pribadi kita. Robot itu bisa melakukan perintah kita dengan cepat seperti merekam catatan bisnis kita atau mencari informasi tentang bisnis dengan wireless yang ada pada sistem robot tersebut. Selain itu mungkin di masa yang akan datang , tenaga kerja manusia akan di gantikan oleh robot – robot yang menyerupai manusia. Hal itu bisa menyebabkan pengangguran secara besar – besaran.

Teknologi virtual 3D yang bisa membuat kita melakukan akses data bisnis hanya dengan membawa alat yang kecil tanpa membawa laptop dan di lengkapi dengan teknologi yang hemat energi. Sehingga kita tidak takut kehabisan power alat tersebut. Dengan alat itu pula kita bisa membuat perencanaan bisnis dengan lebih mudah dan tidak perlu mencari tempat yang nyaman karena alat itu bisa memunculkan visual 3D tepat dihadapan kita.

Mesin distributor atau bisa dibilang mobil robot otomatis yang sudah tidak dikendalikan manusia tapi dengan program yang sudah dibuat , mobil robot itu bisa mendistribusikan barang yang sudah dipesan atau dibeli ke alamat masing – masing konsumen.

Semua teknologi – teknologi bayangan di atas mungkin bisa terwujud. Kita lihat saja penemuan jet pesawat terbang , telah menyusutkan permintaan terbang niaga yang digerakan dengan baling – baling. Penemuan pesawat telefax telah menurunkan permintaan mesin telex. Contoh lain adalah perkembangan teknologi jaringan internet baik itu LAN ( Local Area Network ) atau WAN ( Wireless Area Network ) yang sebelumnya tidak ada yang membayangkan bahkan perintisnya sendiri.

Selain itu kita juga harus melihat hampir 40 tahun lalu , Gordon Moore , direktur riset Fairchild Semiconductor mengamati bahwa setiap 18 bulan , kekuatan prosesor meningkat dua kali lipat. Dalam satu tahun jumlah transistor yang dapat dimampatkan dalam satu chip silicon secara ekonomis berlipat ganda. Hal itu kini dikenal sebaga ‘Moore’s Law’

Teknologi bisnis dan bisnis teknologi

Dua kalimat yang mempunyai kata yang sama namun memiliki arti yang berbeda. Teknologi bisnis merupakan teknologi yang digunakan di bidang bisnis dalam segala aspeknya. Seperti teknologi di bidang produksi yaitu untuk membantu proses produksi lebih efektif dan efisien. Teknologi di bidang distribusi yaitu untuk memudahkan pendistribusian produk barang atau pun jasa ke tempat – tempat yang jauh dan sulit di jangkau. Teknologi di bidang konsumsi atau teknologi yang digunakan para konsumen untuk mendapatkan kebutuhan yang mereka butuhkan untuk kepuasan mereka. Ada juga teknologi di bidang pemasaran yaitu teknologi yang memungkinkan kita untuk memasarkan produk kita lebih menarik , murah dan mudah serta mendapat peminat yang luas.

Sedangkan bisnis teknologi merupakan suatu kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa yang berbentuk teknologi atau pun hanya jadi perantara dalam kegiatan bisnis tersebut. Karena adanya permintaan yang besar dari pasar akan adanya teknologi yang terus berkembang maka saat ini teknologi merupakan peluang bisnis yang bisa menghasilkan banyak keuntungan. Seperti penjualan mobil , handphone , alat – alat kesehatan , laptop , bahkan software dan e-book. Dunia hiburan pun sekarang sudah sangat dipengaruhi oleh teknologi dan selalu dijadikan sebuah bisnis yang menguntungkan. Misalnya dalam bisnis film , dengan adanya teknologi yang bisa membuat efek – efek dalam sebuah film yang menjadikan film tersebut menarik dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan dvd atau pun dari tike – tiket bioskop walaupun biaya produksinya sangat mahal namun hal itu tetap bisa membuat kita mendapatkan uang banyak karena keuntungan yang di dapat lebih mudah.

Dalam bidang musik , dengan adanya teknologi yang canggih para musisi bisa menghasilkan karya yang sangat bagus dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Seperti penjualan album mereka secara digital atau pun melalui kerjasama bersama produsen handphone. Selain itu adanya penjualan lagu mereka dengan Ring Back Tone ( RBT ) yang saat ini memberikan keuntungan yang sangat besar. Para musisi pun tidak ingin ketinggalan dengan perkembangan alat musik yang mereka ingin gunakan seperti adanya gitar yang tidak perlu di mainkan dengan memetik senar gitar tapi hanya di petik secara virtual di gitar mereka seperti gitar yang dimiliki oleh personel band MUSE. Adapun alat – alat yang di gunakan musisi untuk memberikan efek permainan mereka dan dalam hal rekaman dan mixing untung lagu mereka membuat para produsen teknologi berlomba menghasilkan produk yang berkualitas dan melakukan inovasi – inovasi yang terus berkembang.

Media informasi pun tidak kalah dengan dunia hiburan dalam persaingan bisnis di bidang informasi. Mereka berusaha menggunakan teknologi – teknologi yang canggih untuk mendapatlkan dan menyajikan informasi – informasi yang berkualitas dan mendapat perhatian banyak dari masyarakat sehingga mendapatkan rating yang tinggi dan mendapat banyak sponsor.

Selain bidang hiburan , teknologi – teknologi rumah tangga seperti lemari es , kompor listrik , ac , televisi , kursi pijat atau pun lainnya sangat memiliki peluang bisnis yang besar. Karena perkembangan teknologi membuat gaya hidup seseorang menjadi berubah dan merasa tidak ingin ketinggalan zaman oleh karena itu masyarakat selalu membeli produk – produk yang berteknologi canggih dan terbaru sehingga meningkatkan bisnis teknologi menjadi lebih menguntungkan.

Di bidang jasa , kita bisa memanfaatkan teknologi untuk di jadikan bisnis seperti menjadi seorang web desaigner , editing photo , photographer dan pariwisata. Dengan hanya kemampuan menguasai suatu teknologi kita bisa menyalurkan kemampuan kita sebagai jasa yang bisa di jual kepada para konsumen.

Namun tidak semua negara mendapatkan keuntungan dengan adanya perkembangan teknologi. Teknologi bisa membuat suatu negara lebih produktif ataupun lebih konsumtif. Misalnya negara – negara maju akan terus mendapatkan keuntungan karena mereka sebgai penghasil teknologi , sedangkan negara – negara berkembang akan terbawa arus teknologi yang semakin berkembang dengan hanya berperan sebagai pengguna teknologi bukan penghasil teknologi yang menyebabkan negara berkembang tidak mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Dengan contoh – contoh di atas kita bisa mengetahui bahwa teknologi pun bisa dijadikan sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan dan bisa kita lakukan hanya dengan sebagai perantara atau distributor tidak perlu menjadi seorang produsen teknologi. Namun untuk menjadi pebisnis teknologi kita harus tetap meningkatkan kemampuan kita serta pengetahuan kita tentang teknologi karena teknologi sangat cepat berkembang dan kita harus terus mengikuti perkembangannya sebab kita tidak akan tahu teknologi apa yang akan berkembang besok atau pun 25 tahun yang akan datang.

Dampak teknologi selama 25 tahun yang akan datang

Berbicara tentang dampak pasti setiap hal atau bidang pasti mempunyai dampak. Begitu juga dengan teknologi yang mempunyai dampak yang begitu besar karena teknologi berhubungan dengan perubahan peradaban yang di dalamnya terdiri dari banyak sistem di setiap aspek kehidupan. Misalnya di bidang bisnis , karena perkembangan bisnis sangat berpengaruh terhadap perkembangan teknologi. Dengan adanya teknologi bisnis berubah menjadi sangat modern dan praktis. Selain itu peluang bisnis pun menjadi banyak dan bisa membuat suatu negara atau daerah menjadi maju karena bisa menumbuhkan perekonomian nasional. Seperti yang telah saya sampaikan di atas kita bisa mengetahui apa dampak – dampak teknologi terhadap dunia bisnis. Berikut dampak – dampak teknologi pada zaman sekarang dan 25 tahun yang akan datang .

1. Dampak positif

Ø Membantu penduduk di seluruh dunia saling terhubung tanpa batas untuk melakukan transaksi bisnis.

Ø Memudahkan kegiatan bisnis berjalan dengan efisien.

Ø Teknologi bisa membantu pertumbuhan ekonomi daerah tertinggal dengan kemajuan bisnis yang di tunjang dengan teknologi canggih yang bisa menjangkau semua daerah. Sehingga terjadi globalisasi teknologi dan bisnis yang sempurna.

Ø Biaya produksi lebih murah karena tidak mengeluarkan proses produksi yang lama dan kuantitas produksi pun bertambah dengan danya teknologi.

Ø Bisnis bisa dilakukan oleh semua kalangan karena hal kecil apapun dengan adanya teknologi bisa dijadikan peluang bisnis.

Ø Akses bisnis bisa lebih cepat karena 25 tahun yang akan datang teknologi akan memberikan informasi dan akses yang sangat cepat.

Ø Dengan adanya CPU yang berkekuatan kuda ataupun kecepatan yang sangat cepat bisa menguntungkan pebisnis dalam relasi atau networking. Teknologi ini di sebut Grid Computing yang 10 tahun akan datang akan menjadi standar dalam bisnis dan 25 tahun yang akan datang akan populer terkenal dikalangan individu.

Ø Mengurangi kerugian dalam berbisnis. Misalnya dengan proses produksi yang dilakukan oleh mesin atau robot kesalalahan akan bekurang karena sudah terprogram dengan baik. Serta mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Ø Waktu lebih bisa digunakan secara efektif. Dengan adanya teknologi pebisnis tidak perlu melakukan mobilitas yang bisa membuang banyak waktu untuk melakukan transaksi bisnis. Dengan hanya bermodalkan alat teknologi seperti handphone atau internet kita bisa melakukan kegiatan transaksi itu di rumah.

Ø Bisnis bisa membuat fisik kita tetap sehat dan tidak mengeluarkan banyak tenaga. Karena kita hanya perlu menggunakan otak kita dan sedikit tenaga untuk melakukan kegiatan bisnis.

Ø Kemampuan otak kita terus bertambah karena kita di tuntut untuk selalu menemukan inovasi – inovasi dalam berbisnis dan berpikir dalam penggunaan teknologi untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas.

Ø Bisnis lebih ramah lingkungan. Dengan danya teknologi yang ramah lingkungan , sisa dari proses produksi akan tetap bermanfaat dan tetap bisa menjaga keseimbangan alam kita.

Ø Dengan adanya robot di rumah kita akan lebih mudah melakukan sesuatu termasuk dalam kelancaran bisnis kita. Misalnya saat kita lelah tapi kita harus mendapatkan informasi tentang bisnis kita , kita hanya tinggal memberi perintah kepada robot kita untuk mencarikan informasi tersebut.

Ø Akses data lebih murah , mudah dan cepat. Dengan adanya teknologi wireless kita bisa mengakses informasi dimana saja termasuk untuk melakukan pembayaran ataupun melihat e-shop kita dimanapun kita berada.

Ø Lebih mudah melakukan perencanaan bisnis jika inspirasi bisnis muncul di saat kita sedang dalam perjalanan. Dengan adanya teknologi yang memungkinkan kita untuk membuat perencanaan – perencanaan bisnis dengan lebih cepat , kita tidak akan terhambat dalam kemampuan berbisnis.

Ø Dengan adanya teknologi yang ditanam dalam tubuh kita , kita hanya mengandalkan otak kita untuk melakukan transaksi bisnis dengan alat yang ada di kepala kita.

Ø Dengan adanya teknologi virtual 3D kita bisa melakukan transaksi bisnis tanpa membawa – bawa laptop atau alat –alat yang lebih susah untuk di bawa kemana – mana.

Ø Perubahan teknologi atau perkembangan teknologi sangat menguntungkan produsen , karena dengan adanya teknologi supply yang dihasilkan produsen lebih banyak.

Ø Keseimbangan alam semakin terjaga. Dengan banyaknya bisnis e-book atau digital book penggunaan kayu untuk kertas akan berkurang sehingga alam pun tidak akan rusak.

Ø Teknologi sistem informasi akan membantu para pebisnis untuk mendapatkan informasi mengenai keadaaan pasar , kegiatan pesaing dan peluang pasar sehingga memudahkan pebisnis untuk mengambil suatu keputusan. Dalam keputusan bisnis terkandung muatan teknologi informasi yang semakin kental , begitu juga sebaliknya.

2. Dampak negatif

Ø Don Tappscott (1996) dalam buku yang sangat laris dengan judul Digital economy: Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence menggambarkan bagaimana dampak teknologi internet pada kehidupan manusia. Kehadiran teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi dalam kehidupan manusia. Hal itu tentuberpengaruh juga terhadap bisnis , karena di masa yang akan datang bisnis akan sangat bergantung pada teknologi. Jika suatu saat teknologi mengalami kehancuran mungkin bisnis pun akan hancur atau jika teknologi tidak ada kemajuan , bisnis pun tidak akan berkembang.

Ø Membuat orang melakukan bisnis dengan segala cara. Tidak melihat apakah bisnis itu melanggal aturan atau tidak , melanggar hak orang lain atau tidak , merusak lingkungan atau tidak. Misalnya dengan pembajakan hak cipta , perusakan data orang lain atau pembobolan bank ( cyber crime ).

Ø Bisnis tidak dijadikan lagi suatu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup tapi digunakan untuk mencari kepuasan.

Ø Terjadinya cultural shock dalam bisnis yaitu tidak siapnya para pebisnis untuk bersaing dalam kemajuan zaman yang sangat cepat sehingga banyak yang gulung tikar atau pun terjadinya cultural leg dalam bisnis yaitu ketertinggalan salah satu unsur bisnis karena pebisnis tidak mampu untuk mengejar pekembangan bisnis.

Ø Terjadinya kesenjangan sosial dalam pebisnis. Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat cepat , mungkin tidak semua pebisnis mempunyai kemampuan untuk mengembangkan usaha mereka dengan teknologi yang baru. Karena perubahan teknologi memerlukan penyesuaian dalam segala hal. Hal itu bisa menimbulkan berbagai kesenjangan di antara pebisnis. Yaitu dengan adanya pebisnis kecil dan pebisnis besar.

Ø Masyarakat akan menjadi pebisnis yang individualis dan mungkin akan melupakan social responsibility karena pekerjaan sehari – hari mereka hanya berhubungan dengan teknologi dan hanya diam di suatu tempat tanpa adanya sosialisasi.

Ø Adanya kecemasan terhadap gangguan teknologi. Para pebisnis akan merasakan stress karena terlalu takut akan gangguan teknologi yang bisa merugikan bisnis mereka. Fenomena stres seperti ini yang disebut dengan technostress ( Hanson , 1989 ).

Ø Bisnis tradisional atau bisnis yang tidak bertumpu pada teknologi akan mendapatkan kerugian yang sangat besar karena mereka mungkin hanya bertumpu pada adat dan kebiasaan mereka sedangkan persaingan akan semakin ketat dengan bisnis yang bertumpu pada teknologi.

Ø Para pebisnis akan menjadi kurang produktif dan tidak kreatif karena hanya mengandalkan teknologi yang membuat proses bisnis mereka menjadi praktis dan para pebisnis akan menjadi pemalas.

Ø Kesehatan pebisnis pun akan terganggu karena tidak banyak bergerak dan hanya berhubungan dengan teknologi.

Ø E – banking

Menurut Philip Kotler , e-banking merupakan bagian dari bisnis elektronik yang umum untuk para pembeli dan penjual dengan mencapai , berkomunikasi , dan bertransaksi secara potensial satu sama lain.

Mengatasi dampak teknologi terhadap dunia bisnis

Dengan penggunaan teknologi yang mulai sekarang banyak digunakan di setiap aspek kehidupan khususnya bisnis mempunyai berbagai dampak yang positif atau pun dampak negatif. Hal itu tentunya harus kita sikapi dengan bijaksana dan profesional misalnya kita harus mengambil manfaat dari dampak teknologi terhadap dunia bisnis tersebut sedangkan dampak negatif yang kita hadapi harus kita atasi dengan alternatif pilihan lain yang bisa memperkecel atau pun mencegah dampak negatif tersebut.

Dengan adanya teknologi internet ataupun teknologi – teknologi lain , masyarakat bisa membajak hasil karya orang lain dengan mudah dan mengambil keuntungan yang besar dari perbuatan tersebut sehingga para seniman mendapat kerugian yang besar dan mulai tidak dihargai hasil karyanya. Oleh karena itu , melihat dari kasus tersebut kita harus tetap memperhatikan hukum yang berlaku. Misalnya di Indonesia , pemerintah membuat suatu aturan hukum untuk melindungi karya masyarakatnya baik itu berupa seni atau pun karya – karya yang berkaitan dengan teknologi seperti program – program komputer dari bisnis illegal yaitu dengan membuat Undang – undang hak cipta nomor 19 tahun 2002 , yang memuat 78 pasal.

Selain itu , kita juga harus mengimbangi perkembangan teknologi dengan ilmu pengetahuan kita khususnya ilmu mengenai bisnis agar kita tidak terlalu bergantung kepada teknologi dalam kegiatan berbisnis. Kita juga harus mempunyai rasa kebersamaan dan sosial yang kuat. Jangan jadikan teknologi sebagai jurang antara lapisan masyarakat yang bisa menyebabkan kesenjangan sosial. Tapi jadikan teknologi sebagai tolak ukur kita dalam pemanfaatan daya pikir kita secara optimal. Misalnya dengan mengadakan ajang kompetisi untuk mengembangkan teknologi sekaligus sebagai bisnis seperti yang dilakukan oleh Daily Social.net , SemutApi Colony dan Kompas.com dalam menyelenggarakan ajang kompetisi untuk perusahaan perintis ( startup company ) digital terbesar di indonesia. SparxUp Awards 2010 mengajak para inovator internet untuk mewujudkan impian mereka menjadi sebuah layanan yang konkret dan juga sebagai bisnis yang menguntungkan. Krgiatan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk menjadi produsen teknologi. Walaupun teknologi bisa memperlancar atau bahkan membuat bisnis kita menjadi maju dan bisa membuat kita lebih baik tapi kita harus tetap mempunyai rasa social responsbility minimal dengan kita berbagi ilmu pnegetahuan tentang bisnis dan cara menggunakan teknologi dalam berbisnis dan yang lebih bagus lagi jika kita membuat mereka lebih maju dengan memberikan pendidikan dan kesehatan yang layak.

Dengan teknologi yang begitu banyak , kita mungkin akan lebih malas untuk melakukan sesuatu misalnya untuk mencari uang untuk hidup. Seharusnya kita bisa lebih produktif dan jangan puas dengan hasil karya yang telah ada sehingga hidup kita akan lebih konsumtif. Manfaatkanlah perkembangan teknologi itu untuk hal – hal yang bermanfaat seperti berbisnis dan jadikan perkembangan teknologi itu sebgai acuan kita untuk menghasilkan karya teknologi yang lebih baik sehingga kita tetap bisa produktif walaupun teknologi bisa menyediakan semuanya. Karena teknologi mempengaruhi perkembangan dalam dunia bisnis dan mempengaruhi pendapatan perkapita dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Jika suatu negara merupakan penghasil teknologi , negara tersebut akan mendapatkan keuntungan yang besar bagi pertumbuhan ekonominya sedangkan negara pengguna teknologi akan mengeluarkan banyak uang karena hanya menggunakan teknologi. Jangan pernah merasa kita tidak bisa melakukan atau menghasilkan sesuatu dan menganggap perubahan yang kita inginkan tidak akan pernah terjadi. Kita tidak akan tahu mungkin khayalan kita akan menjadi kenyataan 25 tahun yang akan datang ataupun hari besok dan seterusnya ‘Impossible Is Nothing’ jika kita terus berusaha dan yakin jika khayalan itu akan menjadi nyata.

Let's connect
Passionate about Data Analytics, Entrepreneurship, and Business Strategy. Exploring the intersection of data-driven insights and innovative business decisions. B. Economics | MBA-Entrepreneurship | Data Analytics Certified | Analyst and Research Reach me at saraswatisepti@gmail.com or hai.ssaras@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Translate »