Lulusan Akuntansi Kerja Apa?

Lulusan Akuntansi

Lulusan Akuntansi Kerja Apa?

“Kerjaan kamu apa? akuntan itu kerjanya apa? atau akuntan jurusan mana?”

Angkutan kali ah

Pertanyaan Lazim dari masyarakat umum untuk lulusan akuntan

Dulu kalau ada pertanyaan seperti itu, saya jawab simple aja, kerja di Bank atau bagian keuangan. DONE !!

Eh tapi tunggu dulu, jangankan masyarakat awam yang tidak tau apa sih profesi untuk lulusan akuntansi, anak akuntansi mau itu SMK atau S1 kalau belum terlalu paham industri pekerjaan untuk lulusan akuntansi kebanyakan taunya nanti mereka kerja jadi tukang catat transaksi atau bikin laporan keuangan.

Banyak anak akuntansi yang masuk ke Jurusan Akuntansi bukan karena passion. Kalau bukan karena orang tua, ya karena katanya lebih gampang masuk kerja.

Lulusan Akuntansi gampang keterima kerja ?

Secara logika sih iya. Setiap industri bisnis memerlukan lulusan akuntansi. Dari posisi paling mendasar yaitu sebagai akuntan sampai posisi strategis. Jadi walaupun akuntansi termasuk ilmu ekonomi bukan berarti peluang kerjanya hanya muncul dari industri keuangan saja. Ini penjelasan dasar saja ya, ketatnya persaingan kerja dan banyaknya lulusan akuntansi sekarang, membuat para lulusan akuntansi harus berjibaku dan bergeliat untuk mendapatkan rezeki.

Cerita singkat pengalaman kerja sebagai lulusan akuntansi

Saya lulus dari jurusan Akuntansi salah satu universitas negeri di Bandung (Universitas kita, tercinta) tahun 2014. Di kampus saya setiap tahun banyak perusahaan yang mengadakan open recruitment, mulai dari perusahaan lokal, perusahaan nasional, multinasional dan yang paling utama adalah Kantor Akuntan Publik Big 4 yang selalu digadang-gadang dari mulai masuk kuliah.

Singkat cerita saya keterima di salah satu KAP Big 4 tersebut, saya mulai kerja 1 bulan setelah wisuda. Kemudian saya resign 9 bulan kemudian karena keidealismean yang HQQ dan patut untuk tidak ditiru hehehehe, biasa masih meledak-ledak dan pusing akan kehidupan dunia. Saya kembali lagi bekerja di Perusahaan swasta, 4 bulan setelah saya resign dari KAP.

Saya akan ceritakan singkat ya , disini semua saya cerita garis besarnya saja, untuk detail ya bisa ditanyakan di komen atau nanti saya buat postingan lain, cekidot :

Eksternal Auditor di Big 4

Sungguh suatu kebanggaan bisa bekerja di KAP Big 4, mungkin karena otak saya sudah dikontaminasi bahwa bekerja di Big 4 adalah tujuan akhir lulusan akuntansi. Sebuah kebangaan jika kalian bisa jadi auditor. Cerita-cerita keren dari para alumni, hingga prospek jenjang karir. Mungkin cuma saya doang sih yang berpikir seperti ini hehehe.

Sebenarnya sisi lain keterima di Big 4 kalau dikampus saya adalah jalur cepat untuk mendapat pekerjaan. Biasanya kita sudah mengikuti open recruitment sebelum kita lulus bahkan sebelum sidang. Ada yang sudah diterima saat sidang ataupun sebelum wisuda. Kemungkinan keterimanya pun lebih banyak karena tiap tahun dibutuhkan banyak intern-intern auditor baru.

Gambaran menjadi auditor newbie

Alhamdulillah saya masuk ke tim yang sangat nyaman. Manajer perempuan yang baik, Senior cuma ada 2, yang satu senior yang satu masih Associate cuma beda 1 tahun dengan saya. Tim yang sangat kecil sedangkan saya liat teman saya satu kampus dapat tim yang besar.

Awal masuk kita di training 2 minggu kalau ga salah, 1 minggu di kantor 1 minggu lagi di puncak. Training nya sangat membantu sekali karena kita mempelajari dasar-dasar audit, bagaimana sikap auditor atau kalau menurut saya sih itu merefresh kembali praktikum audit waktu di kampus hehehe.

Saat training angkatan saya itu hampir ada 100-200 orang, itu batch yang masuk di bulan September, dari berbagai kampus. Makanya di awal saya bilang bahwa masuk ke KAP ini peluangnya lebih besar karena kebutuhan untuk posisi auditor ini sangat besar juga setiap tahunnya yang didukung pula oleh besarnya turnover resign hahahaa.

Jobdesk di tim

Saat masuk saya hanya diminta untuk beresin dokumen, masukin ke odner, fotocopy dan jangan lupa urusan administrasi dan belajar mengenal lingkungan kantor. Tempat yang paling utama adalah tempat fotocopy, karena disana lah kita akan banyak menimba ilmu untuk menjadi auditor.

Jobdesk satu ini bikin semangat kerja jadi hilang. “Cape-cape kuliah taunya cuma jadi tukang fotocopy.” Padahal mau kerja dimanapun biasanya ya harus mau melakukan hal-hal kecil seperti itu.

Jobdesk utama sebagai anak baru di sebuah tim audit adalah megang beberapa akun untuk di audit. Saya sendiri karena tim nya kecil, jadi bisa megang beberapa akun plus megang perusahaan lain yang lebih kecil hanya berdua dengan manajer. Oh ya disclaimer dulu nih, setiap tim beda-beda ya, ada juga teman saya yang kerjaannya sampai berbulan-bulan jadi tukang fotocopy atau vouching doang.

Kebetulan tim saya ini hanya ada Manajer, 1 Senior, 1 Associate dan 3 intern jadilah tugas kita langsung banyak haha. Saya sendiri waktu itu pegang beberapa akun, di audit engagement perusahaan Tbk, pegang semua akun di anak perusahaannya dan megang semua akun di perusahaan lain yang tim auditnya hanya saya dan manajer.

Jobdesk lain nya adalah stock opname, dulu saya pernah SO ke Kota Baru Kalimantan dan Medan. Cerita lengkap jadi auditor newbie ini saya buat postingan lain ya.

Beberapa Posisi lulusan Akuntansi di KAP

Selain jadi Assurance, ada beberapa posisi yang bisa di apply oleh lulusan akuntansi yaitu advisory, tax dan IT Audit.

Treasury and budgeting Staff di Perusahaan Swasta

Setelah 4 bulan saya resign dari KAP, saya diterima di salah satu perusahaan kontruksi sipil di Jakarta Pusat. Waktu itu posisi yang saya apply adalah Treasury and Budgeting Staff.

Dulu saya tidak pernah berani apply lowongan selain accounting dan auditor. Alasannya saya tidak tahu bagaimana nanti cara bekerjanya, apakah saya mampu atau tidak. Pelajaran yang saya dapat dari setiap saya masuk ke pekerjaan baru adalah coba aja dulu, belajar sambil proses intinya kita punya background ilmu dan logika berpikir yang sesuai. Jangan lupa pelajarin industri perusahaan dimana kita bekerja.

Ilmu akuntansi yang kita pelajari di kuliah memang hanya gambaran umum dan bersifat teori. Tapi selama logika dasarnya kita pahami, posisi apapun nanti kita diperusahaan pasti kita bisa sesuaikan. Pahami alur bisnisnya.

Jobdesk Treasury and Budgeting Staff

Untuk jobdesk posisi ini saya jelaskan secara singkat ya :

  • Buat skema pendanaan, kalau baru staf jangan takut, ikuti aja perintah manajernya. Pendanaan yang biasa dilakukan secara rutin adalah loan. Dulu saya ikut meeting dari buat agreement loan sampai mekanisme pembayaran dan bunganya seperti apa.
  • Buat Skema pembayaran ke Vendor. Sama seperti loan, saya ikut juga meeting dengan pihak bank untuk membuat agreement financing pembayaran ke vendor. Saya belajar Vendor financing dan SKBDN.
  • Cash Flow weekly report. Buat laporan kas tiap minggu, bukan format laporan arus kas laporan keuangan ya, tapi lebih ke summary penerimaan dan pengeluaran kas secara garis besar. Plus rencana pengeluaran dan pemasukan kas di minggu-minggu selanjutnya.
  • Buat Outlook atau forecasting budget untuk 1 sampai beberapa tahun kedepan. kalau ini saya masih belajar, jadi tukang revisi excel aja.

Jobdesk Budgeting and Finance Project Control

Setelah sekitar 6-7 bulan saya di treasury, saya diberikan tugas diposisi lain yaitu budgeting and Finance Project Control :

  • Untuk budgeting, akhirnya saya diminta buat outlook sendiri hehehe dulu ditemenin GM saya. Selain itu saya juga diminta untuk buat skema budgeting setiap divisi.
  • Finance project control tugasnya analisis cost project dan mengkontrol Anggaran project yang dibuat. Kita analisis dan berikan feedback dengan cara meminta penjelasan atas anomaly cost ke orang lapangan, dan report ke atasan kita atau ujungnya ya Finance Director, Tugasnya lebih ke kontrol project dari segi finance. Kan ada cost control project? iya perlu juga control dari divisi finance agar bisa menentukan profitable atau tidak suatu project. Double Check? mungkin, tapi mana yang lebih efektif,

Garis besarnya itu saja. Selain tugas-tugas itu saya juga harus selalu siap ditanya semua data keuangan, analisis, rasio, apapun tentang keuangan baik itu oleh Finance director, GM, ataupun pihak luar seperti Parent Company, Bank, atau pihak berelasi lainnya.

Setiap bulan, saya juga harus menyiapkan laporan rangkuman kegiatan bisnis dari segi finance untuk presentasi finance director baik itu ke BOC, BOD ataupun audit comitee. Oleh karena itu kita harus selalu update isu-isu dan update laporan keuangan dari orang akuntansi.

Posisi lain untuk lulusan akuntansi di Company :

  • Staf Accounting : analisis transaksi di sistem, buat detail akun, adjustment dan lainnya.
  • Reporting : menyusun laporan keuangan bulanan ataupun tahunanl.
  • Internal Audit : Audit internal perusahaan terutama SOP
  • Business development
  • Finance : melakukan pembayaran semua transaksi keuangan dan membuat tagihan ke pelanggan. Analisis dan reporting.
  • Tax : memproses pajak dari setiap transaksi
  • Finance on Site : Mengurus semua kegiatan keuangan di project.

Masih banyak posisi pekerjaan yang bisa diisi oleh lulusan akuntansi diberbagai industri mulai dari industri keuangan, oil and gas, konstruksi, retail, services, dll. Contoh beberapa posisi lain adalah ODP bank, PNS, BUMN, Financial Advisor, dan lainnya.

Semoga review mengenai posisi pekerjaan untuk lulusan akuntansi yang saya tulis ini bisa memberikan sedikit gambaran bagi yang baru mulai mencari kerja. Tulisan ini sangat subjektif ya, mungkin dipostingan lain akan saya ulas lebih detail.

Intinya jangan takut untuk mencoba, selama dilowongan tersebut disebutkan membutuhkan lulusan akuntansi, apply saja. Untuk yang tidak tahu cara bekerja nya nanti seperti apa, let it flow aja.

Thank U !

Please follow and like us:
New and digital economy enthusiast Accounting and MBA-Entrepreneurship Coffee addict, Analyst, try to be human Reach me at saraswatisepti@gmail.com

5 thoughts on “Lulusan Akuntansi Kerja Apa?

  1. Saya baru masuk smk jurusan akuntansi ,subhanallah susah ๐Ÿ™ ,krn keinginan ortu jadi aku jarus rajin belajar nya biar aku bisa kerja di kantoran kyk kakak. Gurunya juga galak bikin ngk semangat ,kalo ada yg bisa akuntansi pasti gurunya cuman ngajarin dia doang …
    Maklum gurunya dah tua banget rada sensitif semoga aku bisa kayak kakak ๐Ÿ™‚

    1. Terimakasih dhiya sudah baca blog saya

      iya mungkin awal-awal belajar akuntansi itu susah, tapi sekaliny kita dapat logika dasarnya itu sangat membantu terutama kerangka dasar akuntansi
      karena di pekerjaan nanti bakal banyak situasi yg berbeda jd banyak penyesuaian buat pemahaman akuntansi kita, hehe
      mungkin lain kali bisa saya share soal ilmu akuntansi ya yang mudah dipahami, atau ada ide kah mau bahas topik apa?

      Semangat dan sukses
      Septi

      1. Halo Widi, maaf baru sempat balas hehe
        sebenernya ngga kuliah juga ga masalah asal ada kemauan,
        setelah kuliah pun pasti di mulai dari hal kecil dulu saat kerja,
        bahkan di mulai dari cuma disuruh-suruh buat fotocopy dokumen aja klo di kantor hehe
        tapi memang semua ny harus dijalani untuk proses belajar

        yang penting ada kemauan sama berpikiran terbuka dan mau belajar dari siapapun, skrg banyak akun di instagram
        atau di internet pun yang memberikan ilmu gratis

        Semoga sukses yaa, jangan takut, semua harus dimulai dlu dan insya allah rezeki bakal mengikuti,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
Translate ยป